by

Wisata Sejarah di Jogja: Jelajah Candi Kuno di Jogja

Tempat-tempat wisata sejarah Jogja dan candi kuno di jogja. Yogyakarta memiliki banyak peninggalan sejarah kuno yang menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika Jogja merupakan destinasi archaeotourism populer yang ramai dikunjungi, tidak hanya wisatwan lokal, tetapi wisatawan mancanegara tertarik dengan keunikan peninggalan sejarah di Jogja. Berikut ini daftar tempat wisata Jogja yang kental akan nuansa sejarah dan peninggalan peradaban kuno di Indonesia:

1. Candi Prambanan

wisata candi di Jogja

Candi Prambanan merupakan candi hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di Jalan Raya Jogja – Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, kurang lebih 17 Km dari arah pusat Kota Yogyakarta. Candi Prambanan sering juga disebut sebagai Candi Roro Jonggrang. Nama tersebut tersebut terkait dengan cerita rakyat yang melegenda tentang Candi Prambanan ini. Menurut Legenda Candi ini dibuat oleh Bandung Bondowoso untuk memenuhi permintaan Roro Jonggrang untuk membangun candi dan 1000 arca dalam semalam. Roro Jonggrang sebenarnya tidak mencintai Bondowoso, maka dari itu dia berusaha menggagalkan usaha Bondowoso. Dengan bantuan warga Desa, Roro membuat suasana pagi dengan membuat api besar dan menumbuk pagi sehingga Bondowoso hanya berhasil membuat 999 arca dalam semalam dan gagal meminang Roro Jonggrang.

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 masehi, tepatnya pembangunan candi ini dimulai tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, kemudian secara bertahap di sempurnakan oleh raja-raja Mataram berikutnya. Kemegahan komplek candi Prambanan menggambarkan kejayaan Umat Hindu di Indonesia pada era itu. Total Kompleks Candi Prambanan memiliki 240 Candi. Anda bisa masuk ke wilayah kompleks candi melaui keempat pintu gerbang di semua arah mata angin. Candi Prambanan merupakan destinasi wisata jogja yang layak Anda kunjungi.

2. Istana Ratu Boko

wisata candi jogja

Tidak jauh dari letak Candi Prambanan, terdapat wisata sejarah menarik lainnya di kota Jogja. Tepatnya sebelah selatan dari Prambanan. Istana Ratu Boko terbentang luas dengan total area mencapai 160.898 meter persegi. Istana ini berdiri diatas bukit dengan ketinggian 195,75 di atas permukaan laut. Istana ini dibangun pada abad ke-8 pada masa pemerintahan Rakai Pangkaran, kerabat dekat dengan pendiri Borobudur. Pada zaman nya istana ini merupakan bangunan paling megah, dan merupakan tempat suci untuk menyepi serta beribadat. Istana ini dikelilingi oleh beberapa stupha Budha dan candi di sebelah selatan dan barat Bukit Boku. Ketika Anda berada disini, suasana damai dan sepi langsung terasa. Dari ketinggian bukit Anda akan disuguhi dengan keindahan pemandangan Kota Jogja dengan latar Gunung Merapi yang indah.

3. Candi Sambisari

wisata candi jogja

Candi ini bercorak Candi Khas Hindu dan diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Garung (Kerajaan Mataram Kuno) sekitar tahun 812 – 838 Masehi. Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Kecamatan Kalasan, Sleman, atau kira-kira 4 KM sebelum komplek Candi Prambanan. Dari tanah datar bangunan candi ini terlihat agak pendek, karena sebenarnya dasar Candi ini terletak 6,5 meter dibawah permukaan tanah. Pada saat ditemukan situs candi ini sangat berantakan, hanya berupa susunan batu kuno yang tidak berbentuk. Setelah dilakukan penyusunan ulang selama 21 tahun, akhirnya para arkeolog berhasil membentuk kembali Candi dan terlihat megah sampai sekarang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed