by

Alamat, Tiket Masuk & Fasilitas di Pantai Mutun Lampung

Pantai mutun adalah salah satu obyek wisata pantai di Lampung yang cukup terkenal. Pantai ini mulai dikenal sebagai tujuan wisata sejak awal tahun 2000an, hingga kini menjadi salah satu tujuan wisata favorit warga lokal. Jikapun belum pernah berkunjung, Warga masyarakat Lampung setidaknya pernah mendengar tentang pantai Mutun.

Daya tarik Pantai Mutun terletak pada kondisi pantai yang terlihat masih alami, Hamparan pasir putih yang bersih, dan airnya yang masih jernih dengan omboknya yang tergolong kecil dan tenang sehingga sangat ramah untuk mandi anak-anak. Pantai-pantai yang berada di daerah Teluk Lampung pada umumnya memang memiliki ombak yang relatif kecil, termasuk Pantai Mutun ini.

Baca Juga : Mengenal dan Mempelajari Adat Budaya Lampung di Museum Lampung

Selain kondisi pantai yang masih alami, Hal lain yang membuat Pantai Mutun menarik untuk dikunjungi adalah aksesnya yang cukup dekat dari Bandarlampung, Jaraknya Sekitar 25 Kilometer dari Bandarlampung.

Pantai Mutun Lampung

Lokasi dan Alamat Pantai Mutun

Secara administratif, Lokasi pantai mutun masuk dalam  kabupaten Pesawaran, Tepatnya berada di Desa Suka Jaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Walapun Lokasi pantai mutun masuk kedalam kabupaten Pesawaran, Namun pantai ini justru lebih dekat ke Bandar Lampung sampai banyak yang mengira bahwa lokasi pantai Mutun terletak di Bandar Lampung.

Jarak tempuh yang harus ditempuh untuk berkunjung ke Pantai Mutun sekitar 25 Km dari Bandar Lampung, atau sekitar 30 menit berkendara dalam keadaan lancar.

Baca Juga : Air Terjun Cicurug, Destinasi Wisata Favorit di Lampung Selatan

Jika anda berangkat dari kota Bandar Lampung, Arahkan kendaraan ke arah barat daya, kemudian ke selatan atau Teluk Betung melewati jalan RE Martadinata. Terus ikuti Jalan RE Martadinata sampai bertemu pertigaan dimana disebelah kiri terdapat penanda yang menunjukkan arah jalan ke pantai Mutun.

Dari pertigaan tersebut, masuk lagi kurang lebih 1 km untuk sampai di Pantai Mutun dengan kondisi jalanan berbatu dan belum diaspal.

Lokasi Pantai Mutun terletak setelah pantai Sari Ringgung dan sebelum mencapai pantai Mutun kita akan melewati beberapa pantai lain diantaranya Pantai Puri Gading, Pantai Queen Arta, dan Pantai Duta Wisata. Pemandangan pinggir pantai di sebelah kiri dan bukit-bukit serta gunung kapur disebalah kanan akan akan menjadi suguhan sepanjang perjalanan ke Pantai Mutun.

Harga Tiket Masuk Pantai Mutun

Tarif atau harga tiket masuk pantai mutun tergantung dari kendaraan yang dibawa, Setiap jenis kendaraan; motor, mobil, bus dikenakan harga tiket yang berbeda.

Harga tiket masuk pantai Mutun tidak dihitung per kepala, melainkan dihitung per kendaraan sehingga cukup murah. Untuk motor dikenakan biaya sekitar Rp 15.000 dan Untuk mobil pribadi dikenakan biaya Rp 30.000.

Informasi lain yang perlu diketahui  adalah bahwa di pantai Mutun ini terdapat 2 pengelola Pantai yang berbeda, Yaitu Ms Town Pantai Mutun yang  dikelola oleh perusahaan bernama Ms Corporation dan Pulau Tembikil Hi. Haruna Jaya yang dikelola oleh Haruna Jaya.

Untuk masuk ke lokasi pantai yang kedua, kita diharuskan membayar lagi dengan tarif yang kurang lebih hampir sama dengan gerbang pertama, yaitu sekitar Rp 10ribuan untuk motor dan Rp 30 ribuan untuk mobil.

Fasilitas Pantai Mutun

Beberapa fasilitas yang terdapat di Pantai Mutun diantaranya adalah Waterboom, Pondokan, Tempat bilas dan Toilet, Mushola, kafe atau kantin, penyewaan Banana boat, kano, motor atv, selancar angin, dan bebek-bebekan atau ban.

Waterboom

waterboom di pantai mutun

Fasilitas Waterboom yang terdapat di pantai Mutun berada di pantai yang kedua yaitu di Pulau Tembikil Hi. Haruna Jaya. Jadi, jika akan ke waterboom anda harus membayar biaya masuk terlebih dahulu sesuai dengan jenis kendaraan, baru kemudian bisa masuk ke Area Waterboom dengan membayar biaya tambahan.

Pondokan

Fasilitas pondokan di Pantai Mutun bisa digunakan dengan membayar biaya sewa sekitar Rp 30.000 sampai dengan Rp 100.000 per hari pada hari-hari biasa. di hari libur biasanya tarifnya menjadi lebih mahal. Jikapun tidak menyewa pendokan, tidak usah kuatir karena terdapat banyak pohon yang rindang yang bisa dijadikan tempat beristirahat dibawahnya.

Tempat Bilas dan Toilet

Setelah berbasah-basah air laut pantai mutun, anda bisa membilas badan menggunakan air tawar ditempat bilas  atau toilet yang tersedia di area Pantai. Untuk menggunakan fasilitas ini dikenaka biaya sekitar Rp 3.000.

Mushola

Lokasi Mushola di Pantai mutun berada di belakang tempat mandi, dekat dengan tempat orang-orang berjualan baju. Tersedia sarung dan mukena di Mushola yang dapat digunakan jika anda lupa membawa perlengkapan sholat.

Banana Boat, Kano, Motor ATV, Selancar Angin

Ingin mencoba serunya naik Banana Boat? Anda bisa mencobanya di Pantai Mutun. Jika ingin yang santai, bisa menyewa kano dan bermain kano saja.

Pulau Tangkil

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pantai Mutun Lampung jika tidak menyebrang ke Pulau Tangkil, di Pulau Tangkil kita akan menemukan suasanan yang lebih alami, hijau dan masih sangat asri. Air laut di Pulau tangkil jauh lebih bersih sehingga cocok untuk berenang sembari  melihat ikan-ikan yang berlalu-lang di dekat pantai

Untuk menyeberang ke Pulau Tangkil dikenakan biaya sewa perahu sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per orang, tergantung dari jumlah penumpang dalam satu perahu.

Penginapan di Pantai Mutun Lampung

Informasi daftar beberapa penginapan di Pantai Mutun Lampung yang bisa dijadikan tempat menginap, akan kami update sesegera mungkin setelah mendapatkan informasi yang cukup lengkap.

Demikanlah informasi mengenai Pantai Mutun Lampung, Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berwisata ke lampung karena masih terdapat berbagai destinasi pariwisata di Lampung yang harus kamu coba.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed